Perut Gatal Saat Hamil

Diposting oleh Cerita Pasutri on Kamis, 29 September 2011

Memang wanita hamil sering di dapati mempunyai penyakit kulit biasa, namun ada beberapa jenis penyakit kulit yang erat hubungannya dengan kehamilan, yaitu seperti prurigo gestatonis dan herpes gestatonis.

Prurigo gestatonis

Gatal timbul biasanya pada seluruh badan ataua sebagian perut, genitalia, dan perineal ( antara anus dan vagina) merupakan suatu kelainan kulit yang paling umum terjadi saat kehamilan terutama timbul pada triwulan kedua dan triwulan ke 3, rasa gatal yang sangat dirasakan oleh penderita sehingga terkadang menimbulkan gangguan susah tidur. Penyebab dari gangguan ini belum bisa diketahui secara pasti; kemungkinan toksik (racun), neurogenik, atau endokrin.

Keluhan dan kelainan ini akan menghilang pada akhir kehamilan atau pada saat nifas. Dan bisa terjadi lagi pada kehamilan berikutnya. Salah satu solusi yang bisa dicoba ialah dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori –rendah lemak, dan tinggi protein, berbagai vitamin, serta cukp kalsium. Untuk rasa gatal yang sangat, berkonsultasilah dengan dokter atau bidan terdekat.

Herpes Gestationis.

Jarang didapati pada wanita hamil, dapat  timbul pada setiap kehamilan, paling sering muncul pada triwulan ke 2. Gejalanya berupa  kemerah-merahan dan benjolan kecil seperti cacar air berkelompok, rasa panas, dan biasanya muncul dari daerah perut menjalar ke bagian lain. Gatal ini akan sembuh pada saat 1-4 bulan setelah melahirkan, meski ada juga gejalanya yang tetap timbul setelah berbulan-bulan lamanya. Terkadang bisa timbul pada kehamilan berikutnya lebih dini dan lebih berat. Jika menderita penyakit ini berhati-hatilah terhadap janin, karena bisa menyebabkan cacat lahir atau abortus (keguguran). Segera konsultasi ke dokter jika mengalami hal-hal diatas, diet makanan tinggi protein, kalsium, dan vitamin untuk mengurangi resiko infeksi yang lain. Jangan mandi atau berendam air hangat karena akan memperparah keadaan.

Sumber : Majalah Al Mawaddah

{ 2 komentar... read them below or add one }

Asti mengatakan...

Usia kehamilanku 7 bulan. Kadang terasa gatal di bagian perut. apakah juga berbahaya???

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

Trim's artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu artikel berikutnya ya, dan terus berkarya. kita bangun bangsa ini dan terus isi kemerdekaan. Merdeka

Posting Komentar

Anda ingin mengapresiasi tulisan dengan tanggapan, kritik dan saran? Silakan tinggalkan komentar anda di bawah ini. Pilih option Name and URL supaya anda lebih mudah dalam berkomentar. No Moderation!! Terima kasih