Cara Menangani Istri Yang Lagi Ngidam

Diposting oleh Cerita Pasutri on Minggu, 11 September 2011

Ngidam sebenarnya cuma kebiasaan ibu hamil di kita aja, bener gak sih? Ngidam biasanya terjadi pada ibu hamil muda, yaitu pada usia kehamilan 1 sampai 3 bulan atau di trimester pertama. Gejala ngidam yang paling kentara adalah ketika seorang ibu hamil mengidam-idamkan sesuatu hal (biasanya makanan tertentu) dan biasanya sesuatu itu harus sampai dapat dan kalau gak ada di satu tempat harus cepat dicari di tempat yang lain. Kalau kata orang tua bilang, nanti kalau gak diturutin anaknya bakalan ngeces terus.

Bagi saya, masa-masa ngidam adalah masa-masa yang begitu melelahkan. Sebenarnya bukan saya yang jadi masalah, tapi istri saya pada khususnya yang sedang merasakan masa-masa itu. Ngidam pengen ini dan itu nya sih gak jadi masalah juga buat saya selama ada uang dan memang terjangkau waktu dan tempatnya oleh kita. Tapi terkadang suka males kalau beli-belian tapi ketika udah nyampe rumah istri malah gak mau makan, atau dimakan tapi semuanya dimuntahin lagi karena mual-mualnya itu membuat dia gak bisa lama menahan makanan yang baru aja lewat di tenggorokan.

Fisik istri saya memang lemah. Maka dari itu, kini saya harus selalu siap siaga menjaga dan mendampinginya selalu. Apalagi istri gak mau banget kalau ditinggal sama saya. Kalau mau pergi ke masjid aja sering wanti-wanti supaya jangan lama-lama. Tapi ternyata hikmahnya banyak juga ya semenjak saya di Cirebon, walau belum dapat kerjaan tetap. Selain kehamilan istri yang surprise banget, saya juga jadi lebih bisa deket sama istri saya dan jagain dia. Hmm jadi pengen kerja di rumah aja nih, bisnis dan lain-lain biar punya banyak waktu buat keluarga.

Saya akan bagi-bagi tips nih yaitu cara untuk menangani istri yang lagi ngidam, yang pastinya ini buat para suami:
  1. Ketika istri minta sesuatu, telitilah terlebih dulu jangan sampai minta yang aneh-aneh. Semisal loncat dari jembatan, atau minta makanan yang lagi dimakan sama orang. Kalau cuma minta makanan biasa aja sih ya jangan mikir dua kali untuk beliin. Kasian nanti istrinya bete, kan kasian dedenya :D Pengalaman minta dibeliin baso cuanki bandung sampe bela-belain muter-muterin Kota Cirebon tapi gak dapat-dapat(Lebay ah..) akhirnya ketemu juga pas mau balik ke kontrakan.
  2. Jadilah suami yang siap siaga kapan pun dan dimana pun, selain harus berlaga jadi kaya office boy yang kudu manut sama semua permintaan istri. Anda juga harus siap jadi suster dan security dadakan. Misalnya anda harus bisa melakukan pertolongan pertama ketika istri mulai mual dan muntah-muntah. Bahkan saya sudah  tahu bagaimana cara menangani istri saya yang sedang pinsan. Caranya adalah saya gotong ke kamar (Berat banget euuy) tapi kalau berat mah saya tidurin aja di lantai terus di kasi bantal dan dikipasin plus hidungnya dikasi minyak angin. Bener gak sih? Hehe..
  3. Usahakan anda harus lebih pintar dari istri mengenai masalah ilmu tentang kehamilan. Cari sebanyak mungkin artikel tentang kehamilan dari berbagai sumber. Kalau saya sih cuma nyari di Google. Intinya adalah jangan sampai anda nanti malah gak tahu indikasi-indikasi tertentu ketika nanti satu saat istri anda melakukan hal-hal yang tidak normal. Menurut saya makanan yang selalu dimuntahkan adalah tidak normal, tapi mau gimana lagi. Karena itu adalah bagian siklus ibu hamil yang harus dilewati. Walau jijik, tapi saya harus bisa tahan untuk membuang dan membersihkan ceceran muntah yang ada di lantai. Hehehe.. jijik banget gak sih bacanya :D
  4. Biasanya ibu hamil yang lagi ngidam ini rewel, sensitif dan banyak maunya, mending talk less do more aja deh. Kalau minta beliin sesuatu lebih baik cepet ambil uang, keluarin motor terus pergi nyari. Jangan sering-sering dibentak dan malas-malasan menuhin keinginan istri, walau jadi terkesan manja. Tapi suami harus maklum, ini gak akan lama koq. Cuma 3 bulaaan… hahaha.
  5. Jangan malas untuk nganter istri periksa ke bidan atau dokter kandungan. Supaya kondisi kehamilan bisa diketahui perkembangannya dan kita bisa konsultasikan apabila terjadi masalah pada proses kehamilan. Jadi gak sabar pengen di USG, nanti cowok apa cewek yaa :D
  6. Jangan bebankan istri dengan pekerjaan rumah tangga yang berat-berat. Biarkan istri rileks dan enjoy dalam menjalani masa kehamilannya. Urusan tetek bengek rumah serahkan pada ibu mertua (Dasar anak durhaka wkwkw..) maksudnya sama suami. Kalau misal suami sibuk karena harus bekerja, ya sewa aja pembantu. Tapi sebenarnya sih untuk pengantin muda kaya saya, gak ribet-ribet banget. Saya bisa koq menghandle untuk hanya sekedar nyuci piring dan pakaian, beres-beres rumah bahkan masak. Jujur selama tahu istri saya hamil, saya larang istri untuk ngerjain pekerjaan rumah. Karena istri saya juga ngajar. Jadi saya lah yang ngerjain itu semua. Saya tipe-tipe suami idolaa ya, tapi bukan kaya si Aziz Gagap.. :p
  7. Jangan memaksa istri untuk berhubungan intim. Ini adalah masa yang rawan, jadi untuk sementara waktu puasa dulu laaah.. Jangan mikirin yang jorok-jorok. Istri hamil juga kan ulah siapa? Hahaha..
  8. Banyak berdo’a untuk kesehatan istri dan si janin bayi. Kalau lagi kaya gini, udah deh tobat. Sholat yang rajin, kalau bisa tahajud, puasa senin kamis, banyak baca qur’an, dzikir pokoknya ibadah yang khushyu minta biar nanti lahir lancar dan normal. Kalau operasi cesar kan mahal ya gak? Hehehe..
  9. Tetap tersenyum dan positive thinking aja. Jadilah suami yang sayang istri.. Semoga sukseesss..

{ 5 komentar... read them below or add one }

Zidhasta mengatakan...

harus jadii suami siaga pastinya mas

Unknown mengatakan...

Kirain tips untk menghilangkan mual muntah.y

Unknown mengatakan...

Kirain tips untk menghilangkan mual muntah.y

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

ditunggu next artikel gan

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

trim's artikelnya sangat membantu sekali, kompor gas !!!

Posting Komentar

Anda ingin mengapresiasi tulisan dengan tanggapan, kritik dan saran? Silakan tinggalkan komentar anda di bawah ini. Pilih option Name and URL supaya anda lebih mudah dalam berkomentar. No Moderation!! Terima kasih