Tips Supaya Tetap Awet Muda

Diposting oleh Cerita Pasutri on Selasa, 23 Agustus 2011

Menjadi awet muda memang selalu menjadi dambaan bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang kini sudah mulai bertambah usianya. Walau usia saya baru 25 tahun, tapi kadang saya juga merasa  sudah tak muda lagi. Apalagi sebentar lagi akan mempunyai si kecil, insya allah. Hmm udah mau jadi bapak-bapak deh.

Sejak zaman dahulu, rahasia untuk awet muda dan tetap selalu dicari orang, baik pria maupun wanita. Salah satu penyebab utama terjadinya penuaan dan penyakit adalah penumpukan toksin di lingkungan sekitar dan di tubuh kita. Sebenarnya tubuh kita secara alami telah melakukan detoksifikasi (pengeluaran racun tubuh) secara teratur, seperti ketika buang air kecil dan buang air besar. Tapi sayangnya setiap saat kita selalu terpapar polusi dan bahan-bahan kimia yang masuk lewat udara, makanan dan lingkungan. Ibadah puasa jika dilakukan dengan benar, sebenarnya juga merupakan proses detoksifikasi. Tidur yang nyenyak juga menyehatkan, disamping menyegarkan tubuh dan jiwa. Tidur  yang nyenyak sangat penting untuk penampilan yang awet muda. Tidur yang terbaik adalah tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah. 

Secara praktis, panduan makanan yang disarankan dikonsumsi  biar awet muda adalah:
1.    Mengurangi  mengkonsumsi daging merah dan meningkatkan konsumsi ikan.
2.    Jika memerlukan tambahan protein, lebih baik mengkonsumsi kacang-kacangan.
3.    Mengkonsumsi makanan berserat yang kandungan seratnya mencapai 4-50 gram sehari.
4.    Setiap hari sebaiknya mengkonsumsi  1-3 porsi sayuran dari keluarga kol seperti brokoli, brussel sprout, kol, atau kembang kol.
5.    Minum 2-4 gelas jus sayuran hijau setiap hari. Ada baiknya jus tersebut ditambah dengan sedikit jahe dan ekstra lidah buaya.
6.    Minum air putih dan jus buah setidaknya 2-3 liter setiap hari.
7.    Mengkonsumsi seminimal mungkin minuman berkafein seperti kopi dan teh, minuman yang mengandung soda, gula putih, dan makanan olahan pabrik yang terbuat dari terigu.
8.    Menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun
9.    Mengkonsumsi berbagai suplemen dan herba anti penuaan seperti vitamin B kompleks, asam folat, vitamin E, vitamin C, bawang putih, evening primrose oil, ginko giloba dll.

Pada dasarnya, anda harus mengkonsumsi semua jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika ingin mengetahui apakah tubuh anda kekurangan salah satu atau beberapa unsur nutrisi anda bisa melakukan tes laboratorium.

Semoga bermanfaat dan semoga tetep awet muda ya, insya allah.

{ 3 komentar... read them below or add one }

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

sukses gan! ditunggu next artikel ya

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

trim's artikelnya sangat membantu sekali, kompor gas !!!

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

Trim's artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu artikel berikutnya ya, dan terus berkarya. kita bangun bangsa ini dan terus isi kemerdekaan. Merdeka

Posting Komentar

Anda ingin mengapresiasi tulisan dengan tanggapan, kritik dan saran? Silakan tinggalkan komentar anda di bawah ini. Pilih option Name and URL supaya anda lebih mudah dalam berkomentar. No Moderation!! Terima kasih