Pentingnya Ilmu dalam Pernikahan

Diposting oleh Cerita Pasutri on Jumat, 05 Agustus 2011

     Mendengar kata – kata pernikahan, pada umumnya orang akan membayangkan sebuah jalinan keterikatan yang sangat indah. Betapa tidak? Karena Pernikahan adalah sesuatu yang fitrah, sangat didambakan bagi setiap laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Ia merupakan sebuah muara dimana cinta kasih suci berlabuh dan pendaratan dimana semua kata kata indah berupa rayuan dan cumbuan menjadi sebuah nikmat yang berpahala yang menjadikan ia langgeng hingga tua dan akan abadi selamanya jika ia mencoba setia.
      Pernikahan juga adalah sebuah ibadah, jika ia menikah dengan dilandasi niat yang baik lagi suci. Ingin menjalani syari’at diennya yang mulia, menjaga kehormatan diri dan hatinya dari segala bentuk hawa nafsu syaitan yang senantiasa menggoda umat manusia agar ia menyimpang dari fitrahnya.Karena dengan menikah Allah Subhanahu wa Ta’ala menghalalkan apa yang dulunya Allah haramkan. Karena Allah menciptakan manusia dengan rasa ketertarikan terhadap lawan jenisnya dan saling membutuhkan. Sehingga dengan pernikahan itu akan terciptalah rasa saling mencintai dan mengasihi untuk mendapatkan ketenangan dan ketentraman dalam hidupnya.
        Namun..tidak selamanya harapan itu selalu sesuai dengan kenyataan. Sungguh ironi memang, ketika kita mendambakan sebuah pernikahan yang indah, penuh kasih dan cinta. Tiba tiba ketika kita sudah memasukinya, kita merasakan hal yang sebaliknya. Hati malah tidak tenang karena sering ribut dengan pasangan, tidak pernah adanya lagi sikap saling pengertian dan kasih sayang sebagaimana janji-janji sebelum pernikahan yang sering diikrarkan bersama. Bahkan, ada yang sampai selingkuh atau malah hingga akhirnya sampai bercerai gara gara tidak kuat menanggung semua permasalahan dalam kehidupan rumah tangganya yang ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
       Lalu..ada apa sebenarnya dengan semua ini? Apakah yang salah dari pernikahan yang berujung tidak indah ini? Marilah sejenak kita merenung dan mengintrospeksi diri, mencari penyebab dan akar permasalahan yang harus segera dicarikan solusinya ini.
        Memang untuk mendapatkan sebuah pernikahan sakinah seperti yang dicita-citakan oleh setiap muslim dan muslimah itu tidak semudah dengan apa yang dibayangkan. Perlu kesiapan yang mantap dan matang dalam meraihnya, selain dari kesiapan berupa harta, fisik dan mental, juga yang paling penting disini adalah kesiapan berupa ilmu dien. Mengapa ilmu dien? karena ilmu dien ini adalah pondasi awal bagi kita sebagai seorang muslim agar ia tetap kokoh dan tegar dalam menjalani kehidupan yang selalu dilanda oleh masalah ini. Terutama masalah-masalah dalam rumah tangga yang jika kita tidak pandai pandai dalam menyikapinya, maka yang terjadi adalah berupa ketidakharmonisan dalam keluarga  yang ujung-ujungnya akan meninggalkan noktah-noktah merah yang akan menodai lembaran lembaran kehidupan dalam rumah tangga kita.
        Di dalam hadits disebutkan bahwa “Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim” (HR. Ahmad dalam Al’Ilal, berkata Al Hafidz Al Mizzi; hadits hasan. ) hadits ini menyatakan betapa pentingnya bagi setiap muslim untuk menuntut ilmu. Tentu yang dimaksud ilmu disini adalah ilmu dien, walau kita tidak juga tidak menafikan ilmu-ilmu selainnya yang juga penting bagi kita. Tapi bagi kita sebagai muslim, sudah selayaknyalah kita mengatahui apa saja syari’at agama yang mulia ini. Karena dengan ilmu ini kita akan mengetahui mana saja perkara-perkara yang diperintahkan dan yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Hukum halal dan haram atau mana saja yang disunnahkan oleh Rasulullah dan mana yang tidak sesuai dengan sunnah ( bid’ah ). Dan masih banyak perkara-perkara syari’at yang apabila kita tidak berilmu tentangnya, maka darimana kita bisa menjalankan semua itu jika kita tidak mengetahui sama sekali apa-apa yang telah Allah perintahkan dan Allah larang untuk kita?
       Dan begitu juga di dalam menjalankan pernikahan, baik itu dimulai dari proses sebelum pernikahan, di saat pernikahan itu terjadi dan terlebih jauh lagi ketika kita mengarungi bahtera pernikahan dan rumah tangga itu sendiri. Karena pernikahan adalah salah satu syari’at yang ada di dalam islam. Yang dalam pelaksanaannya ada ketentuan-ketentuan dan hukum-hukum tersendiri yang telah Alloh jelaskan dalam Al Quran dan yang telah Rasulullah terangkan dalam hadits-haditsnya yang mulia. Maka seharusnya bagi setiap muslim yang akan dan yang telah menjalankan pernikahan untuk mengetahui apa saja ilmu-ilmu tentang pernikahan itu.
       Dan perlu kita ketahui bahwa sesungguhnya pasangan suami istri dalam rumah tangganya itu akan mengalami berbagai permasalahan dalam rumah tangganya. Dan untuk mengatasi itu semua dibutuhkan ilmu hingga tercapailah sebuah tujuan yang diharapkan dalam suatu pernikahan yaitu untuk beribadah kepada Allah dan dalam rangka mencari ridho-Nya. Dan dengan ilmu juga sepasang suami istri akan mengetahui hak dan kewajibannya masing masing sehingga akan terjadilah sebuah keharmonisan dalam rumah tangga. Dan suami dan istri juga diamanahi Rabb-Nya untuk mendidik anak keturunannya agar menjadi generasi Rabbani yang tunduk pada Al Qur’ an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salaful ummah. Agar keturunan yang terlahir dari pernikahan tersebut tumbuh di atas dasar pemahaman, dasar-dasar pendidikan iman dan ajaran Islam sejak kecil sampai dewasanya.
       Sungguh…ini merupakan tugas yang berat dan tentu saja membutuhkan ilmu untuk menjalaninya. Dari sinilah terlihat betapa pentingnya ilmu sebagai bekal bagi kehidupan rumah tangga muslim.
Wallahua’lam
Dengan merujuk kepada sumber: Muslimah/EdisiXVII/Muharram/ 1418/1997 di tulis disini

{ 3 komentar... read them below or add one }

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

thank's gan artikelnya sangat bermanfaat

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

trim's artikelnya sangat membantu sekali, kompor gas !!!

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

Trim's artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu artikel berikutnya ya, dan terus berkarya. kita bangun bangsa ini dan terus isi kemerdekaan. Merdeka

Posting Komentar

Anda ingin mengapresiasi tulisan dengan tanggapan, kritik dan saran? Silakan tinggalkan komentar anda di bawah ini. Pilih option Name and URL supaya anda lebih mudah dalam berkomentar. No Moderation!! Terima kasih