Memaknai Hakikat Pernikahan

Diposting oleh Cerita Pasutri on Senin, 08 Agustus 2011

Pernikahan adalah sebuah anugerah. Dimana dalam pelaksanaannya haruslah dikerjakan sesuai dengan aturan dan syari’at yang telah Allah dan Rasul-Nya nyatakan dalam Al Quran dan Assunnah. Hingga dalam praktiknya nanti akan selaras dan sejalan dengan cita cita dan tujuan dari pernikahan itu sendiri. Lalu mengapa tidak semua orang yang menikah itu berhasil dalam membina rumah tangga dan bahtera pernikahannya?

Karena begitu banyak dari pasangan yang mengeluhkan pernikahannya tidak sesuai dengan harapannya. Ada yang gagal ketika usia pernikahannya masih seumur jagung, atau bahkan ketika usia pernikahan yang sudah dibilang lama pun bisa kandas di tengah jalan apabila masing masing dari pasangan itu tidak saling mengetahui dan memahami apa makna dan hakikat dari pernikahan itu sendiri.
Dikatakan tadi bahwa pernikahan itu suci dan merupakan anugerah yang telah Allah berikan kepada kita dimana Allah sangat menyukai pernikahan sebagai bentuk penjagaan terhadap manusia dari berbagai macam bentuk kerusakan diakibatkan penyimpangan seksual yang kini sudah sangat merajalela diakibatkan banyaknya orang yang berlama-lama dalam menikah atau memang sudah merasa enjoy dengan kehidupan bebasnya hingga dia lupa akan fitrahnya sebagai manusia untuk menikah dan hidup berkeluarga.

Mungkin banyak orang mengatakan bahwa dengan menikah akan tersalurkanlah hasrat seksualnya yang selama ini terpendam dan diharamkan. Memang benar, tapi hakikat pernikahan itu sendiri adalah jauh dari sekedar itu. Dimana ada hal yang sangat jauh lebih indah dan bermakna diatas nama pernikahan.

Salah satu makna yang indah yang terkandung dari mutiara pernikahan adalah indahnya nilai kebersamaan. Dimana cinta dan kasih sayang yang tulus akan menghiasi setiap hari dalam meniti bahtera rumah tangga hingga kita tua bahkan sampai usia pun menutup kita. Karena nilai-nilai kebersamaan itu lebih indah dibandingkan mutiara-mutiara yang lain, karena ia adalah cinta sejati dan kasih sayang yang murni yang senantiasa akan abadi hingga masa tua kita. Cara untuk meraih kebersamaan tersebut diantaranya adalah senantiasa pasangan harus terus berusaha untuk saling memahami dan berbagi baik dalam suka maupun duka, tidak ada amarah yang selalu diumbar dan tidak ada kedustaan yang akan membuat retak nya rumah tangga. Karena ia adalah suatu bentuk kejujuran yang berbalut keikhlasan untuk menyatukan semua rasa dalam hati hingga indahnya mutiara akan senantiasa berkilau walau masa tak lagi muda.

Bayangkanlah sepasang kakek dan nenek yang senantiasa mesra hingga tua, sang kakek yang senantiasa menemani kemana nenek pergi. Dan nenek pun senantiasa tak pernah lelah menyeka peluh si kakek ketika ia kelelahan dalam aktivitasnya. Ah..sungguh indah bukan? Karena indahnya pernikahan bukanlah disaat kita muda saja. Tapi hakikat pernikahan itu adalah kebersamaan hingga kita tua.

{ 3 komentar... read them below or add one }

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

sukses gan! ditunggu next artikel ya

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

trim's artikelnya sangat membantu sekali, kompor gas !!!

Grosir Souvenir Pernikahan mengatakan...

Trim's artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu artikel berikutnya ya, dan terus berkarya. kita bangun bangsa ini dan terus isi kemerdekaan. Merdeka

Posting Komentar

Anda ingin mengapresiasi tulisan dengan tanggapan, kritik dan saran? Silakan tinggalkan komentar anda di bawah ini. Pilih option Name and URL supaya anda lebih mudah dalam berkomentar. No Moderation!! Terima kasih