Tips Mengatur Keuangan Bagi Yang Sudah Berkeluarga

Diposting oleh Cerita Pasutri on Jumat, 12 Agustus 2011

Masalah finansial memang masalah yang sering menjadi pemicu konflik dalam hidup berkeluarga. Kekurangan finansial biasanya seringkali menjadikan bahan pertengkaran bagi pasangan suami istri. Walau suami dan istri sama-sama bekerja dan mempunyai penghasilan, tapi masih saja sering mengeluh tentang kurangnya keuangan keluarga. Biasanya ini terjadi karena kurangnya manajemen dalam mengatur keungan keluarga.

Apabila anda mengalami hal yang sama, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Tetap memiliki rekening yang terpisah
Dengan tetap memiliki rekening masing-masing dan satu rekening bersama untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, hal ini dapat membantu Anda berdua tetap waspada dengan keuangan bersama. Selain itu Anda berdua bertanggung jawab untuk keuangan sehari-hari.

2. Membuat anggaran bersama
Sebagai pasangan, buat prioritas bersama. Pastikan berapa jumlah uang yang dapat Anda gunakan bersama dan mana paling penting. Pastikan setiap bulannya selalu ada anggaran untuk menabung, minimal 10% dari gaji.

3. Rencana
Rencanakan hal-hal besar seperti membeli rumah, memiliki anak dan pensiun dengan matang. Ketika Anda memiliki rencana yang tersusun dengan baik, hal tersebut dapat membuat Anda berdua lebih fokus dalam mengatur keuangan.

4. Hidup dibawah penghasilan Anda
Ini artinya bukan harus hidup susah, namun hidup sederhana dibawah jumlah penghasilan Anda. Jika tidak demikian, Anda akan kesulitan keuangan.

5. Bicarakanlah dengan istri Anda
Masalah sekecil apapun, atau pengeluaran pribadi Anda sebaiknya bicarakan dengan pasangan. Menjaga transparansi penggunaan uang bahkan sekalipun memiliki rekening yang terpisah itu sangat penting. Selain menjaga agar hubungan tetap baik, transparansi keuangan juga membuat rasa aman pasangan dan tahu alokasi keuangan satu sama lain.

Tips Cara Mengatur Keuangan Pribadi Anda Agar Tidak Punya Hutang
Agar keuangan tidak jebol di tengah jalan, berikut saya berikan tips yang berguna untk mengatur keuangan anda :
  1. Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilan anda tiap bulan untuk ditabung.
  2. Jika mendapatkan bonus pergunakan maksimal 50 persen dan sisanya ditabung.
  3. THR atau gaji ke 13 sebaiknya digunakan untuk menambah tabungan bukan sebaliknya, yaitu digunakan untuk keperluan yang tidak mendesak.
Saya yakin jika hal ini dilaksanakan, anda tidak perlu mencari pinjaman saat ada keperluan yang sangat mendesak. Selamat Mencoba. Jangan pernah menganggap enteng masalah keuangan dalam pernikahan, karena hal ini malah sering menjadi pemicu retaknya sebuah hubungan.

Perencanaan dan komunikasi yang baik dengan pasangan dalam hal keuangan adalah salah satu kunci bagi pernikahan yang kuat.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7571699 (Dengan tambahan kata-kata saya sendiri diawal paraghraf)

{ 4 komentar... read them below or add one }

fdnugroho mengatakan...

wah lengkap memang kang, blog baru ni kang, blog lama gimana nih gak di lanjutin, apa di biarkan koit

andre top 1 mengatakan...

makasi tipsnya mas :D

Cerita Pasutri mengatakan...

@fdnugroho
hehehe mau koit kayanya mas..g kuat bayar xixi

Cerita Pasutri mengatakan...

@andre top 1
sama-sama mas andre..

Posting Komentar

Anda ingin mengapresiasi tulisan dengan tanggapan, kritik dan saran? Silakan tinggalkan komentar anda di bawah ini. Pilih option Name and URL supaya anda lebih mudah dalam berkomentar. No Moderation!! Terima kasih