Sembelit Pada Wanita Hamil

Diposting oleh Cerita Pasutri on Minggu, 21 Agustus 2011

Kehamilan adalah proses yang luar biasa yang Alloh ciptakan hanya untuk para wanita, dimana selama proses kehamilan terjadi Allah memberikan berbagai cobaan untuk menguji kesabaran calon ibu dan juga calon ayah sebagai bentuk kasih sayangnya pada si buah hati. Dan diantara cobaan itu salah satunya adalah sembelit atau susah buang air besar.

Sembelit umum terjadi pada wanita hamil, karena selama kehamilan gerakan makanan melalui usus terjadi lebih lambat dari sebelum hamil. Ini yang memungkinkan nutrien dan air terserap lebih banyak dan menimbulkan sembelit.

Tekanan rahim yang semakin membesar pada daerah usus besar kemungkinan bisa memperparah keadaan sembelit itu. Diantara wanita hamil yang diteliti didapatkan yang mengalami sembelit pada trimester 1 kehamilan ada 24% dan meningkat 26% pada trimester 2, dan pada trimester 3 didapatkan 16% mengalami sembelit. Ini melibatkan 103 wanita sehat yang sedang hamil.
Dari gambaran tersebut bisa diambil hikmah bahwa setiap wanita hamil berisiko besar mengalami sembelit, jadi ibu tidak perlu khawatir, banyak wanita hamil yang mengalami masalah seperti itu. Sembelit itu sendiri tidak bisa dibiarkan begitu saja meski itu wajar terjadi pada wanita hamil, sebab bila terus-menerus mungkin akan memicu timbulnya kanker usus di kemudian hari.

Perawatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah sembelit yang dihadapi antara lain:
  1. Minum banyak cairan dan makan makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan segar (bisa dijadikan jus) dan sayuran hijau, saat dalam proses pencernaan makanan tersebut akan membantu mengusir kolesterol dari usus dan dapat membantu gerakan usus yang berupa gelombang dalam usus. Serat akan membentuk massa kotoran di usus besar yang menjadi lebih besar karena tercampur air, sehingga pengeluaran kotoran akan lebih mudah dan tidak keras.
  2. Olahraga teratur. Olahraga ringan misalkan berjalan kaki seringkali dilupakan oleh ibu-ibu padahal jalan kaki dapat membantu untuk buang air teratur.
  3. Konsumsi banyak air putih, minimal dua liter perhari agar makanan lebih mudah diserap dalam usus dan ampasnya akan lebih lunak dikeluarkan, sehingga otot-otot usus tidak perlu bekerja keras mengeluarkan kotoran.
  4. Jika ibu minum tablet zat besi atau tambah darah, perhatikan cara minumnya yaitu sebaiknya diminum menjelang tidur dengan air putih diimbangi dengan vitamin C karena vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, dan perbanyak makan makanan tinggi serat. Zat besi disinyalir dapat menimbulkan sembelit pada ibu hamil, jadi ada baiknya anda tanyakan pada dokter atau bidan anda untuk mengganti zat besi dengan suplemen zat besi yang tidak menimbulkan sembelit.
  5. Jangan menggunakan obat pencahar selama masa kehamilan.
Demikian. Semoga bermanfaat.
Sumber: Majalah Al-Mawaddah

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Anda ingin mengapresiasi tulisan dengan tanggapan, kritik dan saran? Silakan tinggalkan komentar anda di bawah ini. Pilih option Name and URL supaya anda lebih mudah dalam berkomentar. No Moderation!! Terima kasih